Pengobatan Hipnoterapi Dalam Penelitian Klinis

Pengobatan Hipnoterapi Dalam Penelitian Klinis

KLINIK HIPNOTERAPI SURABAYA

KLINIK HIPNOTERAPI SURABAYA

Seperti yang kita tahu bahwa hipnosis atau yang lebih dikenal dengan Hipnotis bukanlah pengetahuan baru bagi kebanyakan orang Indonesia. Walau pada mulanya lebih dikenal di media sebgai salah satu hiburan (stage / comedy hypnosis), kini terapi hipnosis atau lebih dikenal sebagai hipnoterapi kini telah jamak digunakan sebagai salah satu cara untuk mengatasi gangguan kesehatan mental.

Terdapat banyak anggapan mengenai manfaat hipnoterapi, walau sampai saat ini belum ada bukti kuat yang dapat mendukung hipnoterapi benar-benar dapat bermanfaat. Sebagian ahli pun berpendapat bahwa hipnoterapi sebagai teknik relaksasi yang menggunakan kekuatan sugesti atau memiliki efek plasebo.

Mengurangi Stressor

Hipnosis dalam hipnoterapi, seperti halnya metode relaksasi lainya yang bisa membuat tekanan darah dan detak jantung menjadi lebih rendah, sekaligus mengubah aktivitas gelombang otak tertentu. Kondisi ini yang kemudian dimanfaatkan oleh hipnoterapis untuk memberikan sugesti positif yang sudah dirancang sebelumnya.

Ada hasil penelitian klinis yang mengemukakan bahwa hipnoterapi mungkin dapat menciptakan relaksasi, menurunkan tingkat stres dan kecemasan, mengurangi rasa sakit, sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh.

Sebuah penelitian lain menunjukkan, klien dengan gangguan gigi yang melalui proses hipnosis lebih mampu menahan rasa sakit dibandingkan yang tidak melakukannya. Ada juga yang menganggap hipnosis mampu mempercepat masa pemulihan, sekaligus mengurangi rasa sakit dan kecemasan pascaoperasi.