KLINIK HIPNOTERAPI SURABAYA .:. Penyebab Gagap Bicara

KLINIK HIPNOTERAPI SURABAYA .:. Penyebab Gagap Bicara


Hipnoterapi Surabaya GAGAP


Masalah Gagap merupakan gangguan bicara yang terlihat dengan adanya permasalahan pada kelancaran bicara pada penderitanya. Keadaan ini banyak ditemukan pada anak-anak. Hal ini merupakan fase alamiah dari tahapan proses belajar berbicara. 
FAKTANYA, Beberapa anak dapat melewati keadaan ini seiring dengan pertumbuhan fisik dan mental mereka, tetapi ada juga yang tidak bisa melewati tahapan ini dan terus mengalaminya sampai dewasa.

Pada beberapa kasus, masalah ini juga dapat terkena pada orang dewasa. Situasi ini umumnya dikarenakan cedera kepala berat, penyakit saraf yang progresif, atau stroke. namun sebagian besar disebabkan oleh Trauma psikologi dan obat-obatan juga dapat menyebabkan timbulnya gagap onset lambat pada dewasa.
Penderita gagap biasanya mengalami kesulitan dalam mengucapkan apa yang ingin mereka sampaikan. Penderita gagap dapat memanjangkan atau mengulang suatu kata atau susunan kata ketika berbicara. Sebagian dari mereka bahkan bisa tidak mengeluarkan suara sama sekali untuk suku kata tertentu. Beberapa karakteristik dari penderita gagap:
  • Memanjangkan bunyi suatu kata, misalnya ‘pppppppppppappa’.
  • Pengulangan bunyi atau suku kata, misalnya ‘pa-pa-pa-papa’ atau ‘a-a-a-a-pel’.
  • Memiliki jeda, atau menahan suatu kata atau kata yang tidak dapat diucapkan sama sekali.

Penyebab Masalah Gagap

Beberapa penyebab gagap hingga berkembang menjadi kondisi yang permanen, bisa dikarenakan:
  • Gangguan pada kendali motorik berbicara, seperti pada koordinasi motorik dan sensorik organ berbicara, serta pengaturan tempo atau waktu.
  • Faktor Memiliki kerabat yang menderita gagap juga dapat meningkatkan risiko seseorang untuk mengidap kondisi ini. Kelainan genetik ini memengaruhi pusat bahasa di otak.
  • Kondisi kesehatan, misalnya sebagai akibat dari trauma, stroke, atau cedera pada otak,
  • Yang paling umum adalah Gangguan mental, seperti trauma emosional.
Dan khususnya gagap karena gagngguan mental maka akan mudah dan efektif ditangani dengan hypnotherapy