HIPNOTERAPI .:. PENGERTIAN MENURUT PARAH ALHI

HIPNOTERAPI .:. PENGERTIAN MENURUT PARAH ALHI

HIPNOTERAPI .:. PENGERTIAN MENURUT PARAH ALHI

Pengertian Fobia adalah ketakutan yang luar biasa terhadap sebuah obyek atau situasi yang tanpa alasan dan tidak masuk akal. Pengidap fobia merasa tidak nyaman dan menghindari objek yang ditakutinya. Fobia bisa sangat menghambat aktivitasnya.Kata “fobia” sendiri berasal dari istilah Yunani “phobos” yang berarti lari (fight), takut dan panik (panic-fear), takut hebat (terror). Istilah ini memang dipakai sejak zaman Hippocrates.

akut adalah perasaan cemas dan agitasi sebagai respons terhadap suatu ancaman. Gangguan Fobia adalah rasa takut yang persisten terhadap objek atau situasi dan rasa takut ini tidak sebanding dengan ancamannya.

Definisi Pengertian Fobia

Pengertian Fobia didefinisikan oleh psikopatolog sebagai penolakan yang mengganggu yang diperantarai oleh rasa takut yang tidak proporsional. Tentunya dengan bahaya yang dikandung oleh objek atau situasi tertentu. Hal itu diakui oleh si penderita sebagai sesuatu yang tidak berdasar.

Kita mungkin menderita Fobia bila kita merasakan gejala-gejala seperti di bawah ini:

❤ Merasa ketakutan yang tidak terkendalikan. Bahkan tidak normal kepada suatu hal atau kejadian tanpa diketahui sebabnya.

❤ Merasa ketakutan yang kuat, terus menerus dan irasional dengan ditimbulkan oleh suatu perangsang atau situasi khusus. Seperti suatu ketakutan yang abnormal terhadap tempat atau benda

❤ Merasa ketakutan yang tidak rasional dan tidak bisa dikontrol terhadap suatu situasi terhadap objek tertentu. Semua fobia adalah ketakutan yang tak beralasan.

❤ Merasa ketakutan yang berkaitan dengan perasaan bersalah atau pun malu pada situasi masa lalu, trauma.

Kemudian berubah takut pada suatu yang lain, dengan begitu terpendamlah konflik atau frustasi yang dialaminya.

Merasa takut yang khas yang kita disadari sebagai suatu hal yang tidak masuk akal, tetapi tidak dapat mengatasinya.