HIPNOTERAPI UNTUK PENCEGAHAN DEMENSIA

HIPNOTERAPI UNTUK PENCEGAHAN DEMENSIA

HIPNOTERAPI UNTUK PENCEGAHAN DEMENSIA

HIPNOTERAPI

HYPNOTHERAPY merupakan kunci dalam penanganan stres  yang terjadi pada seorang individu (stress management), seperti yang kita ketahui bahwa stres merupakan faktor utama pencetus penyakit Demensia.

Demensia adalah suatu kondisi di mana kemampuan otak seseorang mengalami kemunduran. Kondisi ini dapat ditandai dengan keadaan seseorang sering lupa akan sesuatu, keliru, adanya perubahan kepribadian, dan emosi yang naik-turun atau labil

Stres dapat menjadi pintu masuk bagi datangnya sejumlah penyakit lain bagi tubuh kita. Masalah kejiwaan yang kita alami saat ini juga ternyata dapat meningkatkan risiko kita mengalami demensia pada usia tua nanti.

Dilansir dari the Health Site, diketahui bahwa kelelahan vital yang merupakan indikator dari tekanan psikologis merupakan salah satu faktor risiko terhadap berkembangnya demensia kelak. Berdasar temuan dari Universitas Kopenhagen, Denmark ini, diketahui bahwa setiap muncul gejala kelelahan vital, maka risiko demensia meningkat dua persen.

Partisipan yang memiliki lima atau enam gejala, mengalami peningkatan risiko demensia hingga 25 persen dibanding mereka yang tak menunjukkan gejala. Sedangkan ketika terdapat 10 hingga 17 gejala, risiko mereka meningkat hingga jadi 40 persen.

Berbagai respons tekanan psikologis termasuk perubahan kardiovaskular dan produksi berlebihan kortisol dalam waktu lama dapat dihubungkan dengan munculnya tekanan psikologis ini. Hal ini lah yang juga menjadi penyebab meningkatnya risiko demensia.

"Stres dapat memiliki sejumlah konsekuensi yang parah dan menyakiti tak hanya otak saja, namun juga kesehatan secara umum. Faktor risiko kardiovaskular telah diketahui sebagai salah satu faktor risiko dari demensia, dan di sejumlah negara, penurunan atau stagnannya insiden demensia telah diperiksa," jelas peneliti Sabrina Islamoska.

Penelitian ini sendiri dilakukan terhadap 6.807 warga Denmark. Usia partisipan pada penelitian ini rata-rata merupakan 60 tahun.

Tekanan psikologis merupakan salah satu faktor risiko penting yang harus tetap diperhatikan. Hal ini disebut dapat memainkan peran penting dalam hubungannya dengan munculnya demensia di kemudian

Klinik Terapi Pengobatan Hypnotherapy di Surabaya, Lamongan, Gresik, Sidoarjo